15 Pelajar ke Amrik Ikut Kompetisi Sains

TEKNOLOGI – Kompetisi sains dan teknologi antar pelajar seluruh dunia kembali digelar oleh Intel. Tahun ini, ajang bertajuk Intel International Science and Engineering Fair (ISAF) tersebut digelar di kota Phoenix, Arizona, Amerika Serikat (AS).

Wartawan KompasTekno, Reska K. Nistanto, melaporkan langsung dari tempat acara tersebut.

Kompetisi berlangsung dari 8 hingga 13 Mei 2016 dengan melibatkan 1.750 peserta pelajar setingkat SMA dan mahasiswa dari berbagai negara, termasuk wakil Indonesia sejumlah 15 orang.

Pelajar-pelajar yang bersaing di tingkat internasional ini adalah mereka yang telah menjadi juara ajang lomba karya ilmiah di negara masing-masing.

Sementara peserta dari Indonesia merupakan pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2015 dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2015 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Menurut Rini F. Hasbi, Marketing Director Intel Indonesia, Intel ISEF menjadi kesempatan bagi pelajar untuk berbagi ide dengan peserta lainnya dan menampilkan proyek-proyek inovatif di tingkat dunia.

Rino R. Mukti, dosen Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam di Institut Teknologi Bandung yang menjadi pendamping 15 pelajar di Indonesia mengatakan, ajang kompetisi teknologi ini bisa menjadikan Indonesia sebagai bangsa pencipta teknologi.

“Kalau tidak (ada pameran teknologi), selamanya kita akan menjadi negara pengguna saja,” kata Rino saat dijumpai KompasTekno di pameran Intel ISEF di Phoenix Convention Center, Arizona, Kamis (13/5/2016) waktu setempat.

Proyek-proyek peserta tahun ini adalah seputar teknologi wearable, big data, hingga sumber energi terbarukan. Proyek-proyek tersebut berdasar berbagai disiplin ilmu dan dinilai berdasar 22 kategori.

Pemenang kompetisi Intel ISEF akan mendapatkan penghargaan Gordon E. Moore dan grand prize uang senilai 75.000 dollar AS (sekitar Rp 100 juta) dari Intel Foundation.

Sementara pemenang kedua dan ketiga akan menerima penghargaan dari Intel Foundation Young Scientist Awards dan uang senilai 50.000 dollar AS (sekitar Rp 665 juta).

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Jumat (14/5/2016) waktu Arizona. (Kompas.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s