Tim ITS Masih Riset untuk Pangkas Bobot Skuter Listrik GESITS

OTOMOTIF – Skuter listrik Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS) masih menjalani riset. Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya masih melakukan riset untuk mencari material baru sehingga GESITS bisa lebih ringan. Manfaatnya, penggunaan material yang ringan dapat membuat daya jangkaunya lebih jauh.

Ketua tim skuter listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto, menegaskan, bobot kendaraan listrik selalu lebih berat dibandingkan kendaraan bermesin konvensional. Salah satu komponen yang membuat bobotnya menjadi berat adalah baterai. Selain itu, ruang untuk menampung baterai cukup besar dan berat.

“Skuter listrik ini beratnya bisa dua kali lipat dari motor biasa. Namun, kami masih melakukan riset agar beban itu berkurang,” kata Nur kepada Okezone.

Salah satu yang akan dilakukan timnya adalah mencari material baru yang digunakan untuk rangka, bodi, dan lain-lain. Namun ia menjamin bahan tersebut memiliki kualitas dan kekuatan yang sama.

“Kami melakukan riset bahan-bahan penyusun dengan diganti bahan lain. Kualitasnya sama tapi lebih ringan,” kata dia.

Ia menambahkan, berat kendaraan juga berpengaruh terhadap pemakaian roda dan rem. Semakin berat sebuah kendaraan maka beban roda akan bertambah. Sistem pengereman pun juga berpengaruh. Artinya, penggunaan bahan yang ringan akan menambah usia pakai komponen rem dan kaki-kaki.

“Tim kita kerjakan secara pararel untuk riset tersebut. Termasuk menggunakan material apa saja yang diproduksi UMKM. Karena GESITS ini harapannya mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” pungkasnya.(ton)(okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s